Saya akan menceritakan pengalaman teman saya yang bernama sulistyo, sebut saja tio. Saya akan berbagi pengalaman dia bekerja pada suatu perusahaan besar di indonesia yg bergerak dibidang restoran cepat saji. Restoran tempat dia bekerja yg menyediakan menu-menu western. Seperti friedchicken, burger, frenchfries, dan yakiniku. Dia di rekrut sebagai salah satu crew store restoran tersebut di wilayah Tj.duren JakartaBarat. Walaupun dia direkrut sebagai crew tambahan(backup) yang hanya dikontrak beberapa bulan berkerja banyak juga ilmu yg dia dapat.
Di sana dia memiliki 4 manajer: 2chiefmanajer, 2shiftmanajer.
Untuk crew ada banyak sekitar 30org terdiri dari:
-Stock Checker(stock control) 3org
-Kasir 8org
-Stock(backup) 4org
-Cook 4org
-Dinning 8org
Sistem kerja:
Costumer dateng- Disambut dinning/kasir- kasir mlayani costumer- jika pesanan masuk daftar Waitinglist maka Cook & Stockbackup berperan, jika menu available maka backup menyiapkan kemudian dikasih ke kasir, kasir ke dinning, dining mengantar- setelah cost selesai makan dan keluar dari store maka dinning bertugas membersihkan kotoran yg tertinggal dari cost.
-Stock Control mengawasi keluar-masuk nya item dan tools.
-Peran manajer mengawasi sistem kerja berjalan seperti seharusnya.
Sistem manajemen
-Segala pengeluaran dan pemasukan (dsbt COGS*) di input menggunakan scan barcode dan komputerisasi. Serta dicatat manual juga.software excel dan *
-software kasir saya tidak tahu namanya, sistemnya kasir input otomatis data ke komputer utama
-semua software bersifat Online
-audit dilakukan 1x sebulan oleh kantor pusat
-penilaian store : oleh audit 1xsebulan & CMS*(costumer mystery store)
0 comments:
Post a Comment